Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ternyata Ini Toh Alasan Kenapa Standar Motor Ada di Kiri

Memarkir motor dengan standar samping.
Sumber :

100kpj – Semua teknologi sekarang ini tentu tak lekang dari sejarah dan sudah melalui proses panjang. Begitu juga dengan standar motor yang menjadi tumpuan penting kala kendaraan tengah diparkir.

Namun tentu tak banyak yang tahu alasan mengapa standar miring ada di sebelah kiri. Sebenarnya tidak ada alasan yang jelas mengapa standar motor ada di sebelah kiri.

Setidaknya pemberlakukan standar motor di sebelah kiri berlaku bukan hanya di negara yang menganut aturan berkendara di sisi kiri saja, namun juga yang di sisi kanan. Demikian dilansir Cycleworld, Jumat 17 Januari 2020.

Baca Juga: Tips Panaskan Mesin Mobil Tanpa Boros BBM

Tetapi jika melihat sejarahnya, ternyata hal ini berkaitan dengan kebiasaan pemotor yang selalu naik dari sebelah kiri kendaraan. Maka penempatan standar di kiri dianggap menjadi lebih mudah.



Bukan cuma berlaku untuk sepeda motor. Sebab kebiasaan naik dari kiri ini juga sudah dilakukan pada sepeda kayuh hingga kuda yang semuanya naik dari kiri.

Entah berkaitan dengan keseimbangan, namun alasan memudahkan pengendaralah yang membuat standar motor ada di kiri. Padahal, pengendara motor yang melintas di negara yang memakai aturan berkendara di sisi kanan, seperti Amerika Serikat, lebih berisiko tertabrak saat hendak menggunakan standar sampingnya.

Baca Juga: Alasan Penting Kenapa Setir Harus Lurus saat Parkir

Ada pula informasi, yang mengatakan bahwa pemasangan standar motor di bagian kiri berhubungan dengan adanya knalpot di sebelah kanan. Jika keduanya di sisi yang sama, maka pengendara akan mengalami kesulitan.

(Laporan: Yunisa Herawati)

Berita Terkait
hitlog-analytic