Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Aman Standar Samping atau Tengah saat Parkir Motor?

Memarkir motor dengan standar samping.
Sumber :

100kpj – Walau sepele, ternyata saat kita memarkir sepeda motor ada cara yang lebih aman. Nah, lalu aman yang mana antara standar motor di samping atau tengah?

Dikutip dari laman resmi Wahana Honda, ternyata keduanya punya kelemahan dan keunggulan masing-masing. Standar motor yang berada di bagian samping, fungsi utamanya untuk menopang badan motor.

Karena ada di satu sisi, maka penggunaan standar samping akan membuat motor miring. Dengan kondisi tersebut, motor pun rawan jatuh dengan hanya sedikit dorongan dari arah berlawanan.

Baca Juga:
Bikin Geger, Wanita Berhijab Tanpa Helm Sliding Motor di Jalan Raya

Tak Ada Garasi Kena Denda Rp2 Juta, Nih Aturan soal Parkir Mobil

Usai Viral, Wanita Motoran Bergaya Superman Serahkan Diri ke Polisi

Curhat Carlos Ghosn soal Kabur dari Jepang Pakai Peti dan Nissan

Tak cuma itu, motor juga akan mudah terjatuh dengan standar samping bila kondisi tanah miring atau menanjak. Sebab, standar samping akan menjadi tumpuan satunya dan  menjadi titik pusat motor bergerak.

Gaya gravitasi juga membuat motor akan cenderung mundur saat di parkir dengan kondisi tanah yang miring. Karena titik tumpu standar samping yang hanya berada di salah satu sisi, maka mudah meluncur karena tidak ada tumpuan yang menghambat.

Tetapi, penggunaan standar samping memang lebih mudah tak mengeluarkan tenaga banyak saat kita memakainya. Lebih baik penggunaan standar samping ini, di saat kita hanya sebentar memarkir motornya.

Standar Tengah

Berita Terkait
hitlog-analytic