Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Panik Jika Soket USB Charger pada Sepeda Motor Kena Air

Soket USB Charger
Sumber :

100kpj – Fitur soket USB charger pada sepeda motor punya kegunaan yang sangat penting bagi para pengendara motor, apalagi jika pemilik kendaraan tersebut memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Fitur tersebut punya fungsi untuk mengisi daya smartphone atau gadget.

Untuk beberapa sepeda motor keluaran baru memang sudah dilengkapi dengan soket USB charger, karena fungsinya dianggap penting sehingga soket pengisi daya ini sudah menjadi fitur wajib bagi sebuah sepeda motor masa kini.

Bahkan karena dianggap penting, tidak sedikit pula pemilik sepeda motor yang memasang soket charger sendiri. Karena saat ini juga banyak toko aksesoris motor, yang menjaul soket USB chrager after market, hal tersebut dilakukan jika sepeda motor yang dibelinya tidak memiliki fitur USB charger demi mengisi daya smartphone miliknya.

Soket USB Charger

Tapi ketika musim hujan tiba, ada kekhawatiran yang dialami oleh pengendara motor terhadap soket USB chagernya jika fitur tersebut basah terkena air hujan. Baik ketika motor sedang dikendarai, maupun ketika motor sedang diparkir.

Nah, jika terkena air hujan sebaiknya harus tahu dahulu sebanyak apa air yang masuk, apakah air tersebut hanya cipratan saja atau sampai merendam soket charger. Seperti dilansir dari laman Suzuki Indonesia, jika soket tersebut hanya terkena cipratan air biasanya tidak akan menyebabkan terjadinya korsleting listrik, namun jika soketnya terendam air dapat dipastikan akan terjadi korsleting.

Namun pemilik sepeda motor tidak harus terlalu khawatir, karena jika terjadi korslet karena USB charger kemasukan air. Komponen kelistrikan yang lain bisa dipastikan aman, terlebih jika soket charger tersebut adalah bawaan dari pabrikan. 

Berita Terkait
hitlog-analytic