Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Seberapa Penting Balancing Pelek Motor?

Pelek motor.
Sumber :
Ist

100kpj – Pelek merupakan salah satu peranti penting pada sepeda motor. Kenyamanan jalan motor, salah satunya juga tergantung dari kondisi pelek.

Nah, karena sering digunakan tentu pelek juga perlu perawatan. Sebagian dari Anda pasti bingung, seperti apa perawatan pada pelek.

Merawat pelek rupanya bisa dilakukan dengan cara balancing pelek motor. Hal ini penting dilakukan, apalagi jika motor yang digunakan sudah pakai pelek lebar, seperti pelek yang dipakai oleh motor sport dan matic 150 cc, 250 cc atau motor gede.

Umumnya, motor yang tidak dilakukan balancing pelek, akan terasa kurang stabil dan bergetar saat kecepatan tinggi. Hal ini tentu bahaya bukan.

Pada prinsipnya, balancing ban motor tidak jauh beda dengan balancing ban mobil. Sedikit perbedaannya adalah balancing ban motor yang biasa dilakukan adalah Static, artinya hanya di satu titik saja, yaitu titik keseimbangan. Demikian seperti dikutip Federal, Rabu 27 November 2019.

Sedangkan mobil karena peleknya lebih lebar, umumnya balancingnya Dynamic, yang berarti lebar pelek juga diperhitungkan.

Ketika balancing, ban motor akan dimasukkan ke dalam alat yang bernama balancer. Hebatnya alat ini adalah mampu menunjukkan di titik mana ban harus diseimbangkan.

Setelah ketemu titik keseimbangan, mekanik akan memberi timah sesuai dengan gram yang dibutuhkan. Pecahan timahnya beragam, mulai dari 5 gram sampai 20 gram, sesuai kebutuhan.

Berita Terkait
hitlog-analytic