Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Aki Mobil Anda Berkerak Putih? Ini Cara Atasinya

Aki mobil
Sumber :

100kpj – Beberapa mobil masih banyak yang memakai aki bertipe basah sebagai sumber tenaga listriknya. Namun, aki jenis tersebut seringkali terkendala dengan munculnya kerak berwarna putih di terminal kepala kaki.

Namun, tak perlu panik dengan kemunculan kerak tersebut karena memang hal yang normal terjadi pada aki basah. Kerak tersebut tak menyebabkan aki menjadi rusak.

Lalu, mengapa kerak putih tersebut muncul pada aki basah?. Seperti yang dilansir dari situs resmi Suzuki Indonesia, kerak jamur berwarna putih ini normal terdapat di kepala aki basah, terutama pada bagian plus (+).

Ini disebabkan oleh adanya oksidasi air aki yang mengandung asam sulfat H2SO4. Asam Sulfat H2SO4 ini adalah cairan elektrolit kuat yang bisa menyimpan dan menghantarkan arus listrik.

Akibat pemakaian arus listrik secara terus menerus membuat aki menjadi panas. Nah, dari panas ini air aki menjadi menguap dan muncullah jamur kerak putih dan menempel di terminal kepala aki.

Jika sudah muncul kerak jamur ini, sebaiknya segera dibersihkan karena kalau didiamkan bukan tidak mungkin arus yang dialirkan dari aki ke terminal kepala aki menuju kabel akan terhambat.

Lalu, bagaimana cara membersihkannya? Tidak terlalu sulit kok. Cukup siapkan sikat gigi yang sudah tidak terpakai lagi dan gosok-gosok kerak jamur putih tersebut sampai kepala aki bersih kembali. Ingat, tidak perlu menggunakan cairan apapun untuk membersihkannya, termasuk air.

Berita Terkait
hitlog-analytic