Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Rawat Rem Cakram, Gampang Banget Ternyata Ya

Rem cakram.
Sumber :

100kpj – Rem merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Tanpa rem, tak bisa terbayang bagaimana liarnya motor saat melaju.

Nah, agar rem pada motor tetap berfungsi dengan baik, tentu diperlukan perawatan secara ekstra, termasuk pada sektor piringan cakram.

Susahkah merawatnya? Seperti dikutip situs resmi Honda, merawat piringan cakram sebenarnya sangatlah mudah. Ya, cukup dengan air.

Diketahui piringan cakram kerap timbul suara berdecit bahkan alami kemacetan di area ini. Penyebabnya, salah satunya adalah air hujan atau air kubangan yang mengendap dan membuat peranti tersebut terserang karat.

Bersama air hujan dan kubangan, beragam kotoran ikut serta mengendap di peranti cakram. Selain itu debu jalanan pun menjadi penyumbang kotornya peranti rem ini. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran tadi membuat piringan cakram dan kampas rem menjadi tergores, parahnya, peranti ini macet.

Untuk menghindarinya, Anda cukup menyiram atau menyemprotkan air bersih ke peranti cakram, utamanya area bersentuhannya kampas dan piringan, di bagian kaliper semprotkan dengan sedikit tekanan agar kotoran yang mengendap terangkat.

Lakukan hal tersebut terutama setelah motor digunakan dalam kondisi hujan atau melintasi kubangan air.

Berita Terkait
hitlog-analytic