Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hati-hati dengan Helm Kedaluwarsa

Helm motor

100kpj – Tak banyak yang tahu kalau sebenarnya helm juga punya masa kedaluwarsa. Jika masa kedaluwarsa pada helm tiba, tentu fungsi nyaman dan aman pada motor mulai berkurangg.

Setidaknya hal itu disampaikan salah satu Brand Technical Support merek helm kenamaan di Tanah Air, Irwan. Dia menegaskan, helm punya masa pakai yang mesti diperhatikan.

Kata Irwan, helm hanya lima tahun sejak masa produksinya. "Normalnya itu pemakaian helm lima tahun sejak masa produksi. Biasanya, ada tanggal produksi yang terletak di dalam helm," katanya.

Sebenarnya, lanjut dia, usia itu berlaku pada bagian styrofoam. Bukan batok helmnya. Apabila telah lewat lima tahun styrofoam tak akan berkondisi baik lagi. Hal ini tentu bakal mempengaruhi performanya saat mengalami benturan. Di mana daya redam tak bakal terlalu bagus.

Saat ditanya apakah konsumen dapat mengganti styrofoam saja, Irwan menegaskan bila hal itu tidak mungkin dilakukan. Karena, styrofoam sudah menempel dengan bodi helm.

"Harus ganti helm, karena ganti styrofoam itu susah banget. Kalau terkena benturan, tidak disarankan untuk digunakan kembali. karena, styrofoam tidak seperti busa. ketika terkena benturan, styrofoam pasti cekung. kalau terjadi benturan di tempat yang sama, itu sangat berbahaya."

Berita Terkait
hitlog-analytic