Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lumayan Ampuh, Begini Trik Sederhana Bikin Repot Maling Motor

Setang motor.
Sumber :

100kpj – Selama ini, rata-rata setang motor dikunci ke arah kiri. Hal ini sudah menjadi kebiasaan, karena mengikuti kebiasaan pemilik motor lainnya.

Namun tak ada yang menyadari kalau motor yang bisa kunci setang ke kanan ternyata lebih aman dari maling. Penyebabnya, motor dengan setang ke kanan akan memperlambat gerak pancuri untuk membobol motor.

Logikanya, seperti dikutip Honda Cengkareng, Kamis 17 Oktober 2019, cara ini terbilang cukup merepotkan maling, karena kunci 'T' yang biasa mereka gunakan bakal terganggu dengan posisi setang.

Selanjutnya, manfaatkan standar samping yang digabung dengan standar tengah. Cara ini disebut bakal merepotkan maling saat beraksi.

Cara lainnya, yang bisa diterapkan, yakni memasang pengaman tambahan. Dengan begitu, risiko kehilangan motor akan sedikit berkurang. Misal ada tombol yang mematikan arus listrik dan ditaruh di tempat tersembunyi yang hanya diketahui pemilik. Dengan begitu, maling akan kesulitan menghidupkan motor meski sudah berhasil membobol setang.

Anda juga bisa terapkan menempel stiker atau 'tanda pengenal' yang berbeda dengan motor lainnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pencarian seandainya motor Anda hilang. Selain untuk memudahkan pencarian, tempelan stiker pengenal ini akan membuat para maling berpikir ulang untuk mencurinya.

Trik selanjutnya, yakni memasang alarm pada motor Anda. Opsi tambahan ini tentu akan meminimalisir tindakan pencurian. Tetapi, pastikan Anda memilih alarm antimaling yang tidak menghilangkan garansi kelistrikan motor.

Berita Terkait
hitlog-analytic