Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ternyata Ini Fungsi Stiker yang Selalu Menempel di Mobil Baru

Stiker barcode di mobil baru.
Sumber :

100kpj – Bukan cuma sejumlah komponen yang masih terbungkus plastik dan mengeluarkan aroma khas. Sebagian dari Anda tentu tak sadar kalau tiap melakukan pembelian mobil baru, unitnya turut dipasangi stiker barcode yang tertera angka dan huruf.

Stiker ini ditempelkan pada bagian kaca. Penasaran juga bukan, apa maksud dan fungsi dari stiker barcode tersebut. Dan apakah tak masalah jika dicopot?

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandara mengatakan, stiker tersebut berisi identitas kendaraan baru. Pemasangannya dilakukan saat mobil masih berada di dalam pabrik, sebagai penanda saat kendaraan akan diinspeksi, dan dinyatakan siap untuk didistribusikan.

"Stiker barcode itu adalah alat untuk membantu di proses produksi, supaya ketawan sudah selesai sampai tahap mana. Kalau sudah ditempeli barcode, mau kelaur dari pabrik tinggal scan saja," ucapnya di Bandung, Jumat 11 Oktober 2019.

Stiker yang menjadi ciri khas kendaraan baru itu, kata Amel, bertuliskan beragam informasi mengenai identitas kendaraan, mulai dari kode pengiriman unit, nomor order kendaraan, warna bodinya, Vehicle Identification Number (VIN), serta nomor mesin kendaraan tersebut.

Amel mengatakan, saat mobil baru sudah berada di tangan konsumen, maka stiker ini boleh dilepas oleh pemilik kendaraan. Stiker tersebut, tidak memiliki kaitan dengan layanan purna jual ataupun servis mobil yang sudah dipakai oleh pemiliknya.

"Dibuang saja (stikernya) enggak masalah. Ini lebih kaitannya untuk produksi dan orderan serta pengiriman kendaraan itu sendiri, begitu saja sih," ucapnya.

(Laporan: Pius Yosep Mali)

Berita Terkait
hitlog-analytic