Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Gampang Rawat Jaket Kulit

Jaket kulit.
Sumber :

100kpj – Bagi para biker, jaket kulit tentu sudah sangat akrab digunakan. Busana ini acap dipilih para biker lantaran dianggap hangat, dapat mendongkrak penampilan, hingga dirasa lebih aman memproteksi diri.

Namun saking seringnya digunakan, kadang jaket kulit jarang dibersihkan. Buntutnya, kebersihan pun tak terjaga. Untuk merawatnya ada beberapa langkah yang wajib dilakukan. Tujuannya tentu saja agar jaketnya makin awet.

Seperti dikutip HondaCommunity, Rabu 4 September 2019, jaket kulit sebaiknya dihindari dicuci menggunakan deterjen. Menurut Diki Ramadan, pegiat dan perancang jaket kulit Garut, jaket kulit juga tak boleh direndam dengan air.

"Jangan dicuci pakai sabun atau diterjen. Direndam lama-lama di air dan sabun juga enggak boleh. Apalagi dimasukkan ke mesin cuci," ungkap Diki.

Jika jaket kulit direndam dengan air dan sabun, maka dipastikan kulitnya bakalan rontok. Selain itu, jaket kulit juga tak boleh dikucek-kucek tangan.
Kalau hanya ingin menghilangkan bau, dia sarankan hanya dijemur saja.

"Diangin-anginin saja di bawah sinar matahari. Tapi jangan matahari yang terlalu terik. Jemurlah ketika pada saat matahari pagi atau sore. Jangan juga dijemur lama-lama."

Sementara untuk membersihkan jaket kulit, alat yang bisa dicoba adalah bedak talc. Atau bisa juga dengan mengusapnya dengan kain dan air hangat, lalu bersihkan dengan kain halus atau microfiber. Selamat mencoba.

Berita Terkait
hitlog-analytic