Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Stel Komstir Motor Enggak Boleh Sembarang Sob, Ada Aturannya

Komstir Motor
Sumber :

100kpj – Kom leher, atau biasa disebut komstir, merupakan salah satu peranti penting di sistem kendali sepeda motor. Jika bagian ini mengalami kerusakan, dampaknya akan dirasakan pengendara. Seperti stang jadi tak stabil, dan juga terdengar bebunyian aneh saat melakukan pengereman mendadak.

Melakukan penyetelan komstir sebenarnya tak terlalu rumit, namun butuh kejelian serta kehati-hatian ekstra. Menurut pemilik bengkel King Motor di kawasan Jakasampurna, Bekasi Barat, Krisyanto, langkah mudah menyetel komstir adalah dengan cara mengencangkan mur setelan di sekitar bagian stang.

“Komstir bisa distel lagi dengan cara mengencangkan mur setelan. Letaknya di bawah segitiga dudukan stang. Untuk motor bebek, biasanya tertutup dengan bodi lampu,” ungkapnya, saat disambangi 100KPJ, Jumat 30 Agustus 2019.

Selanjutnya, apabila cara tersebut urung berhasil, coba lakukan pengecekan pada bagian ball baering atau pelor, yang letaknya di sekitar leher motor.

Ball baering itu kan pengikat komstir, coba aja dicek, siapa tahu kendor. Pakai obeng pipih untuk mengencangkannya. Tapi, kalau bisa, jangan terlalu kencang atau kendor. Sesuai kenyamanan pemilik aja lah,” ungkapnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic