Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kenali Penyebab Cat Motor Cepat Kusam, Hati-hati yang Hobi 'Ngoprek'

Ilustrasi mencuci motor.
Sumber :

100kpj – Punya motor dengan tampilan selalu baru tentu menjadi harapan semua orang. Namun terkadang, tanpa disadari kebiasaan yang salah justru kerap membuat warna cat motor menjadi kusam.

Nah, berikut ini 100kpj mencoba merangkum beberapa penyebab cat motor menjadi kusam dirangkum dari berbagai sumber. Menariknya, beberapa diantaranya menjadi kebiasaan yang salah yang justru tanpa disadari mempercepat cat motor menjadi kusam.

Yang pertama, tentu kebiasaan pemilik motor yang jarang mencuci motor. Padahal, debu yang terlalu lama melekat justru membuat tampilan cat cepat kusam karena untuk membersihkannya perlu kerja ekstra bahkan terkadang merusak cat motor. Jadi segera cuci motor jika terlihat banyak debu menempel.

Ilustrasi mencuci motor.


Faktor yang kedua dan pantas diwaspadai terutama bagi yang doyan mengoprek motor adalah menjaga minyak rem tidak mengenai bodi motor. Pasalnya, minyak rem merupakan musuh cat dan terkadang sering tertinggal di bagian motor. Jika tidak sengaja minyak rem mengenai bagian motor yang lain segera dibilas.

Faktor yang ketiga adalah cuaca. Memarkir motor di tempat yang panas atau di bawah terik matahari menjadi salah satu penyebab cat cepat kusam. Karena itu usahakan memilih tempat parkir yang teduh sehingga motor tak 'terpanggang' sinar matahari.

Selain terik matahari, motor yang sering terkena paparan air hujan juga menjadi penyebab cat motor cepat kusam. Polusi udara yang tercampur dengan air hujan tentu akan membuat motor terpapar asam yang berlebih. Tak hanya itu, air hujan di daerah dengan polusi yang tinggi juga dapat mempercepat korosi.
Berita Terkait
hitlog-analytic