Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Harga BBM Naik Lagi, Begini Cara Berkendara yang Irit Biar Jarang Mampir ke SPBU

SPBU BP AKR
Sumber :

100kpj – Memasuki Oktober 2023 harga bahan bakar minyak, atau BBM serempak naik mulai dari Pertamina, Shell, Vivo, dan BP-AKR. Padahal di bulan sebelumnya harga BBM non subsidi sudah mengalami kenaikkan.

Pertamina contohnya, kategori mesin bensin harga Pertamax dari sebelumnya Rp13.300 menjadi Rp14.000 per liter, lalu Pertamax Turbo dari Rp15.900 menjadi Rp16.600 per liter, Pertamax Green 95 dari Rp15.900 jadi Rp16.000.

SPBU Pertamina yang menjual BBM Pertamax Green 95

Untuk mesin diesel, harga Dexlite menjadi Rp17.200 dari Rp16.350 per liter, dan paling mahal ada Pertamina Dex dari Rp16.900 menjadi Rp17.900 per liter. Perubahan BBM pelat merah itu lebih terjangkau dibandingkan Shell, Vivo, dan BP-AKR.

Mengingat harga BBM melambung tinggi, mengetahui cara bikin mobil lebih irit bahan bakar tentu menjadi sebuah anugerah tersendiri, terutama mereka yang punya perhitunan matang akan pengeluarannya.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai produsen mobil Daihatsu di Tanah Air memberikan tips cara berkendara agar irit BBM. Seperti disampaikan Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM, Bambang Supriyadi.

“Sebelum berkendara mesin tidak perlu dipanaskan terlalu lama, hanya tunggu beberapa saat sampai semua lampu indikator di odometer padam, RPM (putaran mesin) stabil baru hidupkan AC,” ujarnya mengutip keterangan resminya.

Berita Terkait
hitlog-analytic