Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Deteksi Kerusakan Motor Cuma Lewat Suara, Gimana Caranya?

Ilustrasi bengkel motor.
Sumber :
Ist

100kpj – Perawatan sepeda motor harus dilakukan secara berkala, agar tetap aman dan nyaman dikendarai. Tidak jarang bagian yang rusak memiliki tanda yang sama dengan bagian rusak lainnya.

Salah satunya lewat suara, di mana suara yang keluar terdengear berbeda dari seharusnya. Jika suara yang berbeda ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan sepeda motor.

Nah, bagaimana bisa tahu jika mesin rusak karena suara tersebut? Berikut ini cara mendeteksi kerusakan motor melalui suara yang ditimbulkan, seperti dilansir dari Federal Oil, Kamis 27 Juli 2023.

1. Terdengar suara tik-tik dari kelep

Jika ada suara berisik seperti tik-tik pada klep saat mesin stasioner, mungkin saja setelan katup motor kamu renggang. Selain itu, juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada per katup yang sudah mulai kendur atau kurang kencang.

2. Ada Suara pada rantai

Biasanya jika rantai sudah mulai kendur, akan ada suara yang ditimbulkan, suara yang muncul dikarena sudah ada bagian yang renggang. Selain itu bisa juga muncul bunyi seperti dengungan karena rantai terlalu kencang.bahkan ada suara seperti benda yang saling bergesekan hal tersebut karena kondisi gear dan rantai yang sudah tak layak pakai.

Berita Terkait
hitlog-analytic