Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengenal Tune Up Motor, Mengembalikan Performa Mesin seperti Semula

Promo servis motor Honda
Sumber :
DAM

100kpj – Sepeda motor harus mendapatkan perawatan yang rutin, agar peformanya tetap terjaga. Salah satunya adalah tune up, yang bertujuan mengembalikan performa mesin seperti semula hinga tetap awet dan enak untuk kendarai.

Selain itu, manfaat dari tune up pada motor adalah untuk mengetahui bahwa mesin motor selalu dalam keadaan baik. Perawatan rutin dilakukan untuk menghindarkan motor dari kerusakan yang lebih parah.

Mengembalikan performa motor ke performa standar melalui tune up memang penting. Sebab, motor yang digunakan setiap hari dapat mengakibatkan banyak perubahan. Perubahan pada motor biasanya terjadi pada komponen mesin dan filter udara karena lama tidak melakukan tune up.

Mesin yang sering digunakan pada motor dapat mengakibatkan keausan. Sementara itu, filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara.

Dilansir dari situs resmi Wahana Honda, Jumat 2 Juni 2023, ada 3 sektor yang perlu diperhatikan dalam tune up motor adalah sektor mesin, chasis dan transmisi. Seperti injeksi, filter udara dan bensi, kemudi motor, setelan rantai, transmisi, aki hingga rangkaian pengapian.

Waktu yang tepat untuk tune up adalah sekitar 3 bulan sekali atau setiap kendaraan motor telah mencapai interval 2.000 km. Interval ini berlaku bagi yang sering menggunakan jalur berdebu.

Untuk penggunaan kecepatan lambat dan jarang pada area berdebu sekitar 3.000- 4.000 km. Waktu tune up tidak hanya bergantung pada jarak yang ditempuh.

Berita Terkait
hitlog-analytic