Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Viral Motor Tersangkut di Pohon karena Rem Blong, Catat 10 Tips Ngerem di Jalan Menurun

Tangkapan layar viral motor nyangkut di pohon
Sumber :

100kpj – Viral di media sosial sebuah motor yang tersangkut di pohon karena mengalami rem blong di jalur ekstrem Cangar-Pacet, Mojokerto. Jalur tersebut memang memiliki turunan yang cukup panjang dan agak curam.

Maka itu, banyak rem kendaraan yang tak berfungsi dengan baik karena terlalu panas. Itu juga yang terjadi pada Honda Vario dengan nomor polisi W 4403 BZ, yang mengalami rem blong hingga menabrak tumpukan karung di jalur penyelamat Tikungan Gotekan, Dusun Pacet Selatan.

Saking kencangnya tabrakan, membuat motor terpental hingga ke atas potos. Memang, motor matik memerlukan teknik mengerem saat melalui jalanan yang menurun tajam karena tidak bisa melakukan engine break seperti pada motor yang memakai gigi.

Di luar itu, komponen pengereman pada motor juga menjadi alat penentu keselamatan, terutama jika terjadi rem blong mendadak. Umumnya, ada interval pengereman yang berkurang karena kontur jalanan menurun panjang , dan mengakibatkan suhu panas rem menjadi berlebihan.

Ada 10 tips agar pengereman berjalan aman di jalanan turunan saat menggunakan motor matik, dilansir dari Wahana Honda.

1. Perhatikan betul, jika sedang berada di atas bukit, menuju jalan ke bawahh, tidak dianjurkan menekan rem terlalu lama.

2. Rem  secukupnya. Lakukan  secara perlahan, biarkan kecepatan motor terkontrol sendirinya.

3. Bila  dalam perjalanan  ini muncul keanehan seperti bau terbakar, atau keluar asap, upayakan langsung berhenti saja.

Berita Terkait
hitlog-analytic