Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

6 Ciri Aki Motor yang Bisa Disterum Ulang atau Harus Diganti

Accu bosch
Sumber :

100kpj –  Aki motor menjadi salah satu komponen terpenting pada sepeda motor, sebab jadi sumber aktifasi komponen elektrikal pada sepeda motor. Lalu bagaimana ciri-ciri aki motor yang sudah soak atau perlu diganti?

Bila pada sepeda motor, mayoritas sudah menggunakan jenis aki kering. Walau begitu, pemilik kendaraan tetap harus tahu cara dalam memperbaiki aki kering yang soak. Kemudian melihat ciri-ciri aki yang sudah tak kuat listriknya.

Dengan posisinya yang tersembunyi, aki memang jadi jarang terpantau secara langsung. Padahal, kondisinya harus terus diperhatikan agar tak terjadi mogok atau kerusakan pada motor Anda.

Terlebih saat ini banyak motor keluaran terbaru yang tak ada engkol, sebagai alternatif untuk menyalakan mesin. Dilansir dari Wahana Honda, Rabu 15 Maret 2023, ini cara ngecek aki motor baik kering atau basah.

1. Periksa fisik aki serta tegangan yang terbaca dengan melalui bantuan alat.

2. Jika aki tidak ada gejala gendut atau menggembung, maka aki masih berpeluang untuk disetrum ulang.

3. Pada aki basah, apabila terlihat belum ada sel berjamur, artinya masih ada kemungkinan aki bisa dipakai kembali.Jamur biasanya muncul akibat pengguna tidak rajin diperiksa dan ditambahkan air aki saat kondisi sudah di bawah indicator low.

Berita Terkait
hitlog-analytic