Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Driver Gojek Juga Bisa Kasih Rating ke Penumpang, Begini Cara Lihatnya

Gojek pakai PCX listrik.
Sumber :

100kpj – Siapa bilang cuma pelanggan saja yang bisa kasih rating tingkat kepuasan ke driver ojek online, seperti Gojek. Sebab, mereka juga punya hak untuk memberi rating pada penumpang usai perjalanan dilakukan.

Fitur ini disebut rating pelanggan. Di mana, sebenarnya rating pelanggan sudah diberlakukan oleh Gojek sejak September 2018 lalu. Namun sayang, banyak dari para pelanggan belum sadar bagaimana mereka melihat penilaian driver.

Menurut Gojek, dengan fitur itu, driver dapat lebih mengenali calon penumpang sebelum melakukan penjemputan.

"Fitur rating pelanggan ini dibuat untuk membantu Anda (driver) agar terhindar dari kemungkinan terkena order fiktif. Dengan begitu, Anda (driver) dapat lebih percaya dan tenang dalam menjalankan order dari pelanggan," sebut Gojek, dikutip Kamis, 8 Agustus 2019.

Rating pelanggan diisi oleh driver setelah menyelesaikan order. Driver akan menerima ringkasan order beserta pertanyaan 'Bagaimana customer Anda?'

Indikator penilaian ditampilkan dalam bintang. Bintang 5 untuk pelanggan sangat baik, bintang 4 pelanggan OK, bintang 3 pelanggan menyebalkan, bintang 2 pelanggan menjengkelkan, dan bintang 1 pelanggan sangat buruk.

Penghitungan rating pelanggan, didapat dari rating rata-rata dari 5-50 order terakhir yang diberikan rating oleh driver, serta akumulasi dari layanan tertentu (GO-RIDE, GO-FOOD, GO-CAR). Jadi, driver juga dapat membaca berapa jumlah driver yang telah memberi rating pada pelanggan.

Sayangnya, pelanggan belum dapat melihat ratingnya sendiri di aplikasi. Tapi jika ingin mengetahuinya, kita dapat bertanya pada driver setelah melakukan order dan sebelum driver pick up.

Setelah mendapat driver, kirim pesan padanya yang menanyakan berapa rating kamu. Setelah penjemputan berjalan alias driver sudah pick up, rating pelanggan tak lagi dapat dilihat.

(Laporan: Alika Noor/VIVA)

Berita Terkait
hitlog-analytic