Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Sudah Capai 10.000 Kilometer Segera Cek Bagian-bagian Ini

Bengkel Servis Yamaha Fazzio
Sumber :

100kpj – Di saat motor sudah motor di bulan ke-10 atau telah mencapai 10.000 kilometer, terkadang pemilik lupa melakukan perawatan rutin. Padahal, banyak komponen-komponen dari motor yang perlu dicek atau diganti.

”Konsumen terkadang melupakan manfaat dari KSG 4 ini dan mengabaikan perlunya service berkala pada kilometer tersebut. Padahal, pada km 10.000 ada banyak komponen kendaraan yang perlu pemeriksaan agar kendaraan tetap nyaman dikendarai,” ujar Tri Cahyo Pramono, Koordinator Area Service Department Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – Yogyakarta).

Jika motor sudah mencapai 10.000 Km segera cek bagian-bagian ini:

1. Saluran bahan bakar, fuel injection, sistem pembuangan dan diagnostic tool. Selain itu dari sisi pengapian perlunya pengecekan voltase battery (jika dirasa kurang, perlu dilakukan pengisian/charging), pengecekan rem depan dan belakang, apabila sudah mencapai batas pemakaian maka perlu diganti. Lalu juga pengecekan selang rem, roda, ban dan bearing roda serta swingarm.

2. Bagian lain yang perlu pengecekan adalah bearing kemudi, sambungan rangka dan tuas rem depan dan belakang. Pada bagian standar samping juga perlu pengecekan. Hal ini tidak terlepas dari faktor kebiasaan konsumen yang senantiasa duduk di atas sepeda motor pada posisi miring dengan mengandalkan kekuatan standar samping.

3. Lalu pemeriksaan front fork atau shock depan dan shock belakang. Selain karena kondisi jalan yang tidak semuanya mulus, lagi-lagi kebiasaan konsumen yang terkadang seringkali melakukan berbagai manuver.

Misalnya mengerem mendadak dengan mengandalkan rem depan dan pengemudi menukik ke bagian depan, ini jelas memberikan beban yang berlebih kepada kerja shock depan.

Berita Terkait
hitlog-analytic