Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Terlalu Lama Mobil Ditinggal Liburan, Siap-siap Keluar Uang Buat Ganti Ini

Parkir di Bandara
Sumber :

100kpj – Tidak semua masyarakat menggunakan mobil pribadi untuk menuju tempat wisata, atau pulang kampung ketika libur Natal, dan tahun baru. Sebagian memilih tranportasi umum dengan alasan tertentu.

Mengingat mobil ditinggal di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terlebih mobil tersebut tidak dipakai, atau ditinggal dalam waktu cukup lama, salah satu bagian yang akan mengalami kerusakan adalah ban. 

Ban Mobil

Ban merupakan komponen vital di kendaraan. Meski bahan dasarnya hanya terbuat dari karet, namun memiliki beberapa fungsi utama. Yang pertama sebagai penahan bobot kendaraan, dan penumpang di dalam.

Selain itu, ban menjadi garda terdepan untuk menahan getaran, atau guncangan saat mobil berjalan, sebelum sampai ke suspensi. Fungsi yang ketiga adalah sebagai ujung tombak penerus tenaga yang dihasilkan mesin.

Daya pengereman, hingga laju mobil saat berakselerasi juga ditentukan dari kondisi si karet bundar. Kemudian fungsi lainnya sebagai kontrol kemudi, baik atau tidaknya proses handling juga dipengaruhi kondisi ban.

Maka jika bentuk ban sudah berubah, kenyamanan, dan keamanan pengendara menurun. Perubahan bentuk si karet bundar itu terjadi akibat mobil lama di parkir, atau lama tidak bergerak seperti halnya ditinggal liburan.

Berita Terkait
hitlog-analytic