Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tol Cipali Renggut Banyak Korban, Ini Cara Berkendara Mobil yang Aman di Jalan Tol

Tol Cipali
Sumber :

100kpj – Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau yang dikenal sebagai Cipali ternyata menjadi jalan tol yang paling mematikan di dunia. Di mana, fatalitas kecelakaannya paling tinggi.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno. Dia menyoroti banyaknya kecelakaan yang kerap terjadi di Cipali, terbaru yang menewaskan Kepala BKD Jawa Barat pada 25 November 2022 di Tol Cipali KM 119.600.

"Jalan Tol Cipali adalah jalan tol yang nomor satu di dunia yang menjadi jalan tol fatalitas kecelakaannya paling tinggi. Itu perhitungannya satu kilometer berapa korban, itu ada hitung-hitungannya, itu menjadi jalan tol nomor satu," kata Hendro dalam rapat kerja bidang perhubungan darat 2022.

Baca Juga: Tol Cipali Jadi Jalan Tol Paling Mematikan di Dunia, Tiap 1 Kilometer Telan Korban

Mengendarai di jalan tol memang dibutuh kehati-hatian, dan fokus. Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan bahwa kondisi dan medan jalan tol memiliki karakteristik yang berbeda dengan jalanan dalam perkotaan.

"Jalan (tol) ini memiliki medan yang halus, relatif panjang dan tidak berliku, sehingga cenderung ‘memancing’ pengendara untuk tancap gas tanpa menghiraukan batas kecepatan kendaraan," ujar Sony, seperti dikutip dari VIVA.

Untuk mengatisipasinya, dia memberitahu ada tiga cara persiapan penting sebelum memasuki jalan tol. Cara ini bisa diterapkan khususnya pengemudi yang baru saja belajar mobil agar tetap aman selama perjalanan.

Berita Terkait
hitlog-analytic