Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Punya 5 Oli yang Perlu Diganti, Jika Dibiarkan Efeknya Bisa Rugi Banyak

Bengkel Toyota Auto2000
Sumber :

100kpj – Memiliki mobil dengan kondisi prima tentu menjadi impian semua orang. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar mendapatkan kondisi mobil seperti itu, salah satunya rajin mengganti oli mesin mobil sesuai aturan.

Setiap pabrikan membuat spesifikasi mesin mobil berbeda-beda, hal itu berpengaruh dalam sistem pelumasannya. Oleh sebab itu, tidak semua oli mesin yang beredar dipasaran bisa digunakan untuk semua mobil.

Bengkel mobil Toyota

Tingkat kekentalan, dan kandungan zat adiptif oli disesuaikan dengan kebutuhan mesin, begitu juga takarannya. Selain itu, mobil juga membutuhkan pelumas lain, seperti transmisi, gardan, power steering, dan minyak rem.

Semua pelumas tersebut tentu memiliki perbedaan cukup signifikan dibandingkan oli mesin, terlihat dari kemasan, tingkat kekentalan, fungsi, dan harganya. Lalu kapan waktu yang tepat untuk menggantinya?

“AutoFamily harus lebih peduli dengan perawatan kendaraan khususnya terkait oli, atau pelumas, supaya mesin mobil bisa bekerja optimal, dan tidak cepat rusak,” ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah dikutip dari keterangannya, Selasa 6 Desember 2022.

Terkait waktu yang tepat untuk pergantian oli mesin, bengkel resmi mobil Toyota itu menyarankan setiap 6 bulan sekali. Jika oli mesin berkurang membuat komponen di dalamnya tidak mendapatkan pelumasan optimal.

Berita Terkait
hitlog-analytic