Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Cara Salah yang Sering Dilakukan Ketika Memanaskan Motor Pagi Hari

Ilustrasi motor Honda
Sumber :

100kpj – Sebelum melakukan aktivitas, memanaskan mesin sepeda motor penting untuk dilakukan, karena fungsi dari memanaskan motor sendiri adalah untuk menjaga supaya motor tetap dalam kondisi prima.

Dengan memanaskan mesin motor, oli dari motor tersebut akan kembali melumasi mesin setelah semalaman tidak dipakai.

Namun sayangnya masih banyak cara yang salah untuk memanaskan sepeda motor di pagi hari. Dikutip dari laman resmi Wahana Honda ada 4 hal yang salah saat memanaskan motor.

Ilustrasi Beli Motor Honda

1. Tidak Menggunakan Choke

Untuk sepeda motor yang masih menggunakan karburator, penggunaan choke saat menyalakan sepeda motor sangatlah penting.

Karena biasanya di pagi hari, sepeda motor seringkali mati ketika dipanasi di pagi hari. Ketika karburator disetel di suhu yang lebih panas daripada pagi hari, tentunya dibutuhkan aliran bahan bakar lebih untuk sepeda motor agar bisa menyala di pagi hari. Atas hal itu, choke biasanya digunakan saat pertama kali menyalakan sepeda motor di pagi hari. Beda lagi dengan mesin yang memiliki teknologi injection. Motor dengan injeksi dapat secara otomatis mengetahui suhu sekitar, dan beradaptasi dengannya. 2. Dilakukan di dalam ruangan Hal ini sering dilakukan oleh banyak pemilik motor, dan sangat membahayakan kesehatan keluarga. Pasalnya pagi hari itu saatnya manusia menghirup oksigen paling berkualitas dalam satu hari, jadi jangan merusaknya dengan memberikan Karbon Monoksida (CO) dan Karbon Dioksida (CO2) ke udara segar di rumah. 3. Menggunakan Electric Starter Walaupun sebenarnya fitur electric starter ini tujuannya memudahkan menyalakan motor, tapi menggunakannya di awal akan mengurangi usia dari aki kamu. Aki dari sepeda motor sebenarnya perlahan akan mendapatkan daya dari pemakaian sepeda motor di setiap harinya. Nah ketika menggunakan electric starter di pagi hari, aki akan mengeluarkan massanya tanpa diisi lebih dulu. 2. Kelewat Nge-Gas di RPM Tinggi Menggeber gas saat memanasi mesin motor memang sangat dianjurkan. Karena dengan membuka tuas gas pada pagi hari, proses pelumasan oli pada mesin akan berlangsung lebih cepat. Namun gak kelewat nge-gas juga ya. Karena sering banget kita menemui orang-orang yang mentokin gasnya saat memanaskan motornya pada pagi hari. Idealnya cukup sampai di angka 3000 rpm saja kalian membuka gas. Intensitasnya pun gak perlu terlalu tinggi, cukup beberapa kali saja dengan durasi yang lumayan. Dengan cara ini, mesin motor akan terlumasi secara menyeluruh dalam waktu kurang dari 2 menit. 3. Terlalu Lama Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya, 2 menit yang berkualitas saja sudah cukup untuk memanaskan Sepeda motor. Jadi jangan menyalakan mesin motor terlalu lama, karena walaupun hanya dalam keadaan stasioner, motormu bisa saja overheat jika dipanaskan dengan waktu yang lama. Apalagi jika motormu masih menggunakan sistem sirip untuk pendinginnya. Berbeda dengan pendingin mesin menggunakan kipas maupun radiator, sistem sirip sangat mengandalkan angin yang masuk melalui siripnya ketika berkendara. Sehingga suhu mesin akan turun seiring perjalanan dilaksanakan.

Berita Terkait
hitlog-analytic