Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Perawatan Rem Tromol Sepeda Motor Agar Tetap Pakem

Setang dan rem motor.
Sumber :

100kpj – Rem memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah kendaraan, seperti di sepeda motor. Dengan adanya rem berfungsi untuk memperlambat dan memberhentikan kendaraan, maka itu sangat butuh perawatan.

Rem sendiri ada 2 tipe dan sistem, yakni tipe rem hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol). Untuk tromol, pengoperasian rem ini menggunakan sistem mekanis dengan seling/kawat rem yang dihubungkan ke handle rem.

”Mengingat pentingnya keberadaan rem pada sepeda motor misalnya terkait rem tromol yang digunakan, konsumen perlu memperhatikan perawatannya. Kondisi rem tromol yang bagus dan terawat tentunya sangat membantu pengguna motor dalam keselamatan berkendara dan ikut melancarkan aktivitas,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Berikut tips dalam melakukan perawatan rem tromol sepeda motor :

1. Membersihkan rem tromol

Disarankan untuk meminta bantuan kepada mekanik supaya bisa menerapkan pembersihan rem tromol. Karena Anda harus membuka as roda dan beberapa baut yang saling terhubung pada bagian tutup tromolnya.

Setelah itu, saat roda sudah terbuka akan tampak kampas rem dan tromol yang berdebu yang pekat, lengket dan menempel. Anda cukup membersihkannya dengan menggunakan kuas dan air sabun agar debu yang menempel menjadi hilang. Bila perlu, bersihkan juga kampas rem dengan menggunakan sikat kawat/amplas kasar, hal ini ditujukan supaya permukaannya menjadi kasar yang bisa memicu jepitan kampas rem ke tromol menjadi lebih pakem.

Berita Terkait
hitlog-analytic