Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Wajib Tahu Nih, 3 Cara Mudah Merawat Rem Cakram Sepeda Motor

Rem cakram motor
Sumber :

100kpj – Rem merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan, karena menyangkut soal keamanan motor dan pengendara. Rem berfungsi sebagai pengontrol kecepatan, memperlambat dan menghentikan kendaraan.

Pada motor sendiri ada dua tipe rem, yakni hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol). Untuk pengoperasian dan perawatannya adalah salah satunya membutuhkan minyak rem agar rem bisa bekerja dengan baik.

”Fungsi rem tentunya sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara sepeda motor. Jika kinerja rem terganggu, maka dapat membahayakan keselamatan berkendara pengguna motor," ujar Muslian.

"Karena itu kami memberikan beberapa cara perawatan khususnya rem cakram agar mendukung kelancaran aktivitas menggunakan motor,” lanjut Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) ini.

Berikut tips dalam melakukan perawatan rem hidrolik (rem cakram):

1.Pengecekan dan penggantian minyak rem secara berkala

Rutin memeriksa kanvas rem atau mengganti minyak rem yang bermanfaat untuk menjaga agar kinerja rem cakram lebih optimal. Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km, atau warna dari minyak rem sudah mengalami perubahan menjadi semakin gelap sehingga membuat kualitas minyak rem sudah jelek dan harus diganti.

Berita Terkait
hitlog-analytic