Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Bawa Barang Berlebihan saat Mudik, Siap Tanggung Resikonya

Tips bawa barang bawaan di mobil
Sumber :

100kpj – Libur panjang Hari Raya Idul Fitri dimanfaatkan warga Ibu Kota untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, mulai dari pulang ke kampung halaman alias mudik, sampai mengunjungi tempat-tempat wisata.

Menggunakan mobil pribadi saat berlibur dianggap lebih tepat terutama di tengah pandemi, sebab kondisi kesehatan penumpang sudah diketahui satu sama lain. Kemudian lebih luasa jika ingin berpindah-pindah tempat.

Baca juga: Pemilik Wajib Tahu 7 Hal Ini Jika Tinggalkan Mobil di Rumah saat Mudik

Selain itu waktu istirahat bisa ditentukan sendiri saat di tengah perjalan, kemudian barang-barang yang ingin dibawa bisa menyesuaikan kebutuhan. Namun ada juga yang membawa barang hingga melebihi daya angkut dari mobil tersebut.

Pemilik Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, dari sisi ekonomis beban kerja mesin semakin berat saat membawa barang berlebihan. Sehingga penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros dari biasanya.

“Keamanan otomatis berpengaruh, karena gaya gravitasi tidak sesuai sehingga jarak pengereman menjadi lebih jauh, over steer, dan body rool terganggu dan bisa berpeluang kecelakaan,” ujar Jusri kepada 100kpj,

Hal senada sempat disampaikan Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Menurut Didi, jika beban angkutan melebihi batas, bahan bakar lebih boros karena kerja mesin lebih berat. Selain itu umur komponen seperti ban, suspensi jadi lebih pendek.

Berita Terkait
hitlog-analytic