Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Apa Itu Traction Control System di Motor dan Bagaimana Perawatannya?

Touring nmax
Sumber :

100kpj – Motor-motor keluaran terbaru saat ini memiliki banyak fitur unggulan, yang membuat berkendara lebih nyaman dan aman. Salah satu fitur keselamatan yang ada adalah Traction Control System (TCS).

TCS itu bisa menjaga ban dari kondisi slip sehingga pengendara tidak perlu khawatir ketika melintasi permukaan jalan yang licin seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.

”Manfaat fitur keselamatan ini membuat pengguna motor semakin enjoy dalam menjalani kegiatannya karena dapat melewati kondisi jalan yang licin tanpa khawatir ban slip,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Ada dua komponen penting dalam TCS yaitu speed sensor dan ECU. Berikut adalah cara kerja TCS, speed sensor akan mengirimkan sinyal terkait putaran roda ke ECU, jika terdeteksi perbedaan putaran yang berlebih pada roda belakang akibat ban slip.

Maka ECU akan memundurkan waktu pengapian serta menghentikan supply bahan bakar sementara, hasilnya tenaga mesin dan putaran ban belakang berkurang sehingga dapat menghindari kemungkinan terjatuh akibat slip.

Perawatan TCS

Mengingat TCS memanfaatkan perangkat speed sensor yang terletak di bagian roda depan dan belakang, maka area kaki-kaki motor harus dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel. Serta berkendara secara hati-hati dan hindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor.

Berita Terkait
hitlog-analytic