Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kecepatan Mobil yang Ideal di Jalan Tol saat Bawa Balita

Ilustrasi Menyetir Mobil
Sumber :

100kpj  - Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andriansyah tewas dalam insiden di jalan Tol Jombang. Sopirnya pun kini menjadi sorotan, karena dituding sebagai penyebab dari kecelakaan maut itu.

Kecelakaan tersebut terjadi di KM 672 Tol Jombang-Mojokerto, dan tiga penumpang lainnya selamat dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Salah satunya adalah Tubagus Joddy, sang sopir yang kini berpotensi jadi tersangka.

Hal ini dikuatkan dengan pengakuan si sopir pada polisi. Dia mengaku kelelahan hingga akhirnya mengantuk. Namun, kini viral jejak Instagram Stories sang sopir yang sedang ngebut di jalan tol dan dihapus.

Perihal kejadian tersebut, praktisi dari Safety Driving Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan bahwa sopir seharusnya bisa menyetir dengan akal sehat. Sebab, harus bisa menentukan kecepatan.

"Ketika berkendara di jalan tol ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Utamanya, nomor satu adalah emosi. Emosi ini harus stabil, seorang pengemudi bisa melakukan aktivitas-aktivitas yang sesuai akal sehatnya," kata Sony dikutip dari VIVA Otomotif.

"Akal sehat seperti apa? Yaitu menentukan kecepatan sesuai dengan penumpang yang dibawa. Ingat di sana ada anak kecil, bahwa kecepatan yang ideal di 60-80 km/jam. Dan anak kecil wajib duduk di children seat," lanjutnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic