Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kenali Penyebab Rem Cakram Motor Mendadak Bunyi

Rem Cakram Motor. Foto: Wahana.
Sumber :

100kpj – Saat ini, hampir seluruh sepeda motor yang dijual di Indonesia sudah menggunakan rem cakram. Sebab, peranti keamanan tersebut mampu membuat pengereman menjadi lebih responsif.

Namun, mengingat sedemikian penting perannya, rem cakram kerap mengalami masalah. Salah satu penyakit yang paling sering dijumpai adalah timbul suara berdecit ketika sedang digunakan. Lantas, mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Rem cakram.

Baca juga: Biar Tak Ngesot, Begini Tips Aman Ngerem Mendadak saat Naik Skutik

Disitat dari Federal Oil, Minggu 3 Oktober 2021, ada beberapa hal yang membuat rem cakram motor menghasilkan bebunyian. Pertama-tama perhatikan, apakah disc atau kampasnya sudah tipis atau belum. Selain itu bisa juga karena permukaan brake pad sudah tidak rata atau terpapar kotoran.

Brake pad yang sudah  kurang rata permukaannya bisa diratakan menggunakan ampelas halus. Namun demikian, hal ini percuma dilakukan bila permukaan disc sudah tidak rata

Penyebab lainnya yakni banyaknya kotoran yang menumpuk pada area rem. Sehingga master caliper berpotensi mengalami kemacetan. Hal tersebut tentu bisa menghambat kinerja pengereman.

Berita Terkait
hitlog-analytic