Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Modal Teknologi Ini Bikin Bengkel Lebih Cepat Servis Motor Yamaha

Servis motor Yamaha di bengkel resmi
Sumber :

100kpj – Pesatnya pertumbuhan teknologi menuntut pabrikan motor melakukan perubahan demi menyesuaikan perkembangan zaman, dan kebutuhan konsumen. Salah satunya mengubah sistem pengabutan dari karburator menjadi injeksi. 

Sistem injeksi bekerja sesuai perintah dari ECU (Engine Control Unit) untuk menyalurkan bahan bakar, yang dan saling berhubungan dengan pengapian. Komponen tersebut saling terintegrasi berdasarkan sensor didalamnya.

Artinya berbeda dengan cara kerja motor yang masih mengandalkan karburator. Oleh sebab itu, untuk perawatan motor zaman sekarang membutuhkan teknologi khusus, hingga sejumlah perangkat seperti halnya komputer.

Demi mempermudah proses servis, hingga perbaikan motor dengan sistem injeksi, Yamaha menciptakan program YDT (Yamaha Daignostic Tools). Peranti itu hanya digunakan untuk bengkel resminya yang tersebar di Indonesia.

Manager After Sales CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Riyadi mengatakan, teknologi motor semakin canggih yang dilengkapi berbagai macam sensor. Hal ini tentu mempengaruhi cara perawatan, dan pengecekan.

“Jika dulu menggunakan sistem pengecekan manual, kini Yamaha menggunakan perangkat digital YDT, dan komputer untuk mendukung perawatan motor injeksi lebih cepat, dan akurat,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Kamis 23 September 2021. 

Diketahui mesin motor buatan pabrikan garpu tala itu memiliki teknologi yang disebut Blue Core, didalamnya terdiri dari beberapa sensor untuk mendukung sistem pengapian, dan penyaluran bensin ke ruang pembakaran.

Berita Terkait
hitlog-analytic