Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Trik Murah Bikin Awet Usia Speedometer Digital Motor, Dijamin Ampuh

Speedometer digital.
Sumber :

100kpj – Pada dasarnya berbagai perangkat pada sepeda motor perlu mendapat perawatan. Begitu juga dengan speedometer digital di motor kesayangan. Namun sedikit yang paham bagaimana cara merawatnya dengan benar.

Seperti diketahui, saat ini motor-motor keluaran baru sudah dilengkapi fitur MID (Multi Information Display) digital. Namun ada juga yang menyatukannya dengan manual. Isi MID, memuat informasi mulai dari speedometer, indikator bensin, hingga odometer atau penghitung jarak tempuh.

Banyak dari pengguna motor tidak menghiraukan kelemahan dari MID yang lama kelamaan bisa rusak, seperti komponen lainnya MID juga memiliki usia pakai. Bukan berarti kecanggihan tekologi bisa membuat kondisi komponen bisa bertahan lama.

Untuk menjaganya, ada hal yang patut diperhatikan. Yakni, hindari speedometer digital terpapar langsung sinar matahari. Sebab bisa merusak filter polarizer-nya. Pada awal kondisi rusak, indikator bakal nampak buram, redup dan lama kelamaan nge-blank. Demikian seperti dikutip situs resmi Honda, Jumat 5 Juli 2019.

Untuk menghindari masalah tersebut, pasanglah kaca film agar speedometer digital tetap terjaga. Dianjurkan bisa menggunakan dengan kecerahan 20 sampai 30 persen. Anda juga bisa mencoba menggunakan skotlet yang mudah ditemui di pinggir jalan, namun dengan warna smoke.

Intinya, perhatikan juga agar informasi di layar MID tetap bisa dibaca dengan mudah.

Selanjutnya, perhatikan aki. Usahakan tegangan aki stabil. Kalau tidak, perbaiki. Sebab jika tak stabil, bakal membuat rusak speedometer digital.

Jika Anda menggunakan starter dan indikator spedometer tiba-tiba mati dan menyala kembali, hal ini tentunya harus kalian waspadai, karena jika dibiarkan lama kelamaan bakal rusak.

Berita Terkait
hitlog-analytic