Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Cara Jumper Aki Mobil yang Soak dengan Mudah

Aki mobil
Sumber :

100kpj –  Ketika akan mengendarai sebuah mobil Anda mungkin pernah mengalami kejadian mobil tiba-tiba sudah untuk distarter. Hal ini biasanya ada gangguan pada aki yang soak atau habis umur pemakainnya. Tapi, jangan khawatir apabila Anda sedang darurat atau sedang berada di tengah perjalanan cukup melakukan jumper aki mobil.

Jumper aki mobil dilakukan untuk memancing agar aki mobil yang bisa bekerja kembali. Untuk melakukan cara ini, Anda hanya perlu aki mobil yang lain dan sejenis. Hal ini agar aki mobil tersebut memiliki aki dengan tipe voltase yang sama, umumnya 12V.

Lantas, bagaimana cara jumper aki mobil?

1. Persiapan jumper aki

Untuk mobil dengan transmisi otomatis, maka posisikan tuas transmisi pada ‘P’ dan transmisi manual posisikan pada transmisi netral. Jangan lupa untuk mengaktifkan rem tangan atau rem parkir pada mobil Anda agar mobil tetap diam pada posisi.

Ketika akan melakukan jumper, matikan seluruh perangkat kelistrikan pada kedua mobil. Dan kedua mobil juga harus dalam keadaan mati dengan kunci yang dicabut. Perhatikan juga harus dicabut segala yang terpasang pada cigarette lighter atau pemantik rokok. Seperti charger ponsel yang bisa rusak ketika melakukan jumper aki karena daya tegangan yang tinggi.

Setelah itu, buka kedua kap mesin mobil dan cari posisi aki. Perhatikan dengan teliti posisi terminal negatif dan positif pada aki kedua mobil. Umumnya dua terminal aki masing-masing ditandai dengan lambang ‘+’ atau ‘-‘.

Berita Terkait
hitlog-analytic