Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengetahui Fungsi Sekring Komponen Kecil yang Perannya Sangat Penting

Sekring Motor
Sumber :

100kpj – Selain menggunakan perangkat safety seperti jaket, helm, sarung tangan dan sepatu. Pemotor juga harus memeriksa kondisi motor, agar komponen-komponen yang terdapat pada motor bisa berfungsi dengan baik, seperti cotohnya sekring.

Pasalnya sistem kelistrikan sepeda motor dilengkapi komponen pengaman untuk menghindari korsleting. Komponen tersebut adalah Fuse atau dalam bahasa sehari-hari sering disebut dengan istilah sekring.

Ukuran komponen ini memang kecil, tapi memiliki fungsi besar dalam satu rangkaian kelistrikan pada sepeda motor. Sekring berfungsi untuk memutus arus listrik berlebih atau istilah umumnya sekring akan otomatis terputus atau memutuskan aliran listrik, jika dalam rangkaian kelistrikannya terjadi konsleting atau hubungan pendek yang bisa menyebabkan kebakaran atau kerusakan.

Menurut Ade Rohamn, Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, Terputusnya aliran listrik tersebut, akan manghilangkan atau menurunkan potensi terjadinya kerusakan yang lebih parah baik itu pada komponen kelistrikannya maupun komkabel kabel dan komponen lainnya.

sekring

"Bentuk sekring yang digunakan dalam sistem kelistrikan atau komponen elektronika bentuknya bermacam-macam, sedangkan sekring yang digunakan pada sepeda motor ada dua jenis, yaitu Sekring Tabung (Tube Fuse) dan Sekring Tancap (Fuse Blade)," beber Ade.

Lebih lanjut Ade menjelaskan bahwa sekring tabung (tube fuse), banyak digunakan pada mobil dan motor lawas. Sekring ini memudahkan pengendara atau mekanik dilihat kondisinya putus atau tidak, karena kawat pengamannya terbungkus oleh tabung kaca bening. 

Berita Terkait
hitlog-analytic