Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Belum Banyak Yang Tahu! Salah Pilih Ban Konsumsi BBM Mobil Lebih Boros

Ban Mobil
Sumber :

100kpj – Efisiensi bahan bakar minyak (BBM) pada sebuah kendaraan cukup menjadi perhatian utama. Namun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan pemilik jika ingin jarang ke SPBU. Salah satunya penggunaan ban.

Terutama kendaraan komersial, atau niaga ringan, seperti halnya truk dan mobil pikap yang bertugas menggangkut barang. Jika menggunakan ban dengan ukuran, atau desain alur yang tidak tepat konsumsi BBM menjadi boros.

Baca juga: Efek Buruk Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky pakai BBM Sembarangan

SPBU Pertamina

National Sales Manager Truck & Bus Radial PT Hankook Tire Sales Indonesia mengatakan, penggunaan ban yang salah berdampak pada konsumsi bahan bakar. Karena meneruskan tenaga dari mesin yang disalurkan melalui sistem penggerak. 

“Saat ban bergulir di jalan, energi mekanik akan berubah menjadi panas, dan bahan bakar diperlukan untuk mengganti energi yang hilang tersebut,” ujar Ahmad dalam keterangan resminya, Kamis 17 Juni 2021.

Menurutnya dari segi konstruksi untuk ban jenis radial tipe tubeless tidak memerlukan ban dalam, dan flap agar lebih ringan. Sehingga tenaga yang diperlukan untuk memutar roda lebih sedikit, otomatis membantu penghematan BBM.

Berita Terkait
hitlog-analytic