Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cakram Motor Penyok Ternyata Bisa Diperbaiki, Asal Kondisinya Begini

Rem Cakram Motor. Foto: Wahana.
Sumber :

100kpjCakram rem yang terpasang di area ban sepeda motor berpotensi penyok atau peyang saat mendapat benturan dari obyek-obyek keras. Lantas, pada kondisi tersebut, masihkah cakram rem bisa diperbaiki, atau harus dan perlu diganti?

Disitat dari Wahana Honda, saat komponen tersebut penyok, maka idealnya pemilik kendaraan patut menggantinya dengan cakram baru. Namun, jika kondisi finansial atau keuangan tidak memungkinkan, cobalah untuk memperbaikinya dahulu.

“Memang sih idealnya, cakram motor yang penyok sebaiknya diganti. Namun dalam kondisi darurat (termasuk darurat keuangan), cobalah untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Caranya dengan di-press,” tulis keterangan di laman tersebut, dikutip Senin 17 Mei 2021.

Baca juga: Biar Tak Karatan, Begini Tips Mudah Rawat Standar Motor

Meski demikian, tidak semua cakram penyok bisa diperbaiki. Hanya cakram rem yang masih cukup tebal dengan tingkat kepenyokan sedang saja yang tergolong memungkinkan.

“Lantas, apa akibatnya jika Anda memaksa memperbaiki cakram penyok yang sudah terlalu tipis? Cakram malah akhirnya bisa patah,” bunyi keterangan tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic