Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Biar Tak Karatan, Begini Tips Mudah Rawat Standar Motor

Standar skuter matik
Sumber :

100kpj – Terletak di bagian bawah membuat standar motor kerap diabaikan pemiliknya. Padahal, jika kurang diperhatikan, komponen penyangga itu bisa berkarat dan fleksibilitasnya berkurang. Lantas, bagaimana tips mudah merawat standar motor?

Disitat dari Wahana Honda, Minggu 2 Mei 2021, sebenarnya tak ada perawatan khusus terhadap standar motor. Namun, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan pemilik kendaraan supaya komponen tersebut awet dan tidak mudah berkarat. 

Baca juga: Jangan Terkecoh, Begini Trik Mudah Bedakan Helm SNI Asli dan Palsu

Pertama, rajin-rajinlah mencuci sepeda motor, termasuk bagian standarnya. Sebab, jika komponen tersebut kena kotoran atau cipratan air berpasir, namun tidak langsung dibersihkan, maka berpotensi terjadinya korosi atau karat.

Kemudian perhatikan juga bagian as standar tengah. Seandainya terus-terusan kotor, bagian tersebut bisa terkunci lantaran sulit diputar. Jika sudah sampai berkerak atau bengkok dan sulit dicopot, maka pemilik kendaraan perlu membawa motor ke bengkel bubut.

Sementara sebagai langkah antisipasi, bersihkan as standar tengah dengan air bersih bertekanan tinggi. Kemudian, berikan pelumas setelah setiap kali motor kehujanan. Di luar kondisi ini, pemilik kendaraan tetap perlu memberikan pelumas pada komponen tersebut setiap tiga atau enam bulan sekali.

Berita Terkait
hitlog-analytic