Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Belum Banyak Yang Tahu, Ini 5 Penyebab Shockbreaker Motor Cepat Rusak

Tips suspensi motor
Sumber :
DAM

100kpj – Setiap kendaraan bermotor memiliki suspensi atau shockbreaker. Namun komponen tersebut kerap diabaikan, padahal memiliki peran yang sangat penting. Terutama untuk kenyamanan, dan keamanan saat berkendara.

Shockbreaker yang terdiri dari tiang besi, gas, oli, hingga per berfungsi untuk meredam getaran, atau menahan kejutan saat kendaraan melintasi berbagai macam jalan. Mulai dari jalan berlubang, bebatuan, hingga bergelombang.

Shockbreaker sepeda motor sport.

Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (jaringan diler motor Honda), Ade Rohman mengatakan, fungsi penting shockbreaker bukan hanya meredam getaran saat melewati jalan rusak, hingga tanjakan.

“Fungsi lainnya juga untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan saat berkendara dalam segala kondisi baik itu jalan pelan, cepat, bahkan ketika bermanufer,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin 12 April 2021.

Ada lima hal yang membuat komponen peredam kejut itu rusak, dan sepertinya belum banyak diketahui pemilik sepeda motor. Yang pertama adalah membiarkan shocbreaker dalam kondisi kotor, yang ternyata dapat merusak.

Ade Rohman mengatakan, kotoran yang menempel pada area kerja shockbreaker bisa membuat seal atau karet, dan piston rusak, hingga suspensi bocor. Efeknya mengurangi kenyamanan berkendara, dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Berita Terkait
hitlog-analytic