Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Cuma Dicuci, Ada 5 Komponen Mobil Wajib Dicek Setelah Liburan

Ilustrasi mencuci mobil di rumah
Sumber :

100kpj – Menghabiskan waktu libur Tahun Baru, warga Ibu Kota berbondong-bondong menggunakan mobil pribadi demi mengunjungi tempat wisata. Bahkan ada juga yang memilih pulang ke kampung halaman meski di tengah pandemi.

Mengingat kendaraan pribadi digunakan untuk berlibur, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kondisinya tetap prima. Terutama terkait beberapa komponen yang berperan penting saat mobil melakukan perjalanan.

Baca juga: Jangan Kaget Jika Ada Yang Berubah dari Mobil saat Ditinggal Liburan

Ilustrasi servis mobil Toyota Auto2000

Berdasarkan keterangan Toyota Auto2000, ada 5 komponen penting yang wajib diperiksa setelah mobil digunakan berlibur. Artinya bukan sekadar dicuci jika ingin memiliki mobil tetap dalam kondisi prima setelah digunakan berlibur.

Ban menjadi bagian pertama yang perlu diperiksa. Karena tugasnya berhubungan langsung dengan jalan, dan menahan beban, sehingga perhatikan kondisi telapaknya, dinding ban, hingga bibir velg agar saat mobil kembali digunakan tetap aman.

Kemudian volume oli mesin, sebagian pengguna mobil memaksa mesin bekerja keras selama perjalanan, yang dikhwatirkan terjadi penguapan. Perhatikan juga warnanya, jangan sampai berubah keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air.

Berita Terkait
hitlog-analytic