Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kalau knalpot Ngebul, Tanda Ada Kerusakan?

Knalpot mobil berasap atau ngebul
Sumber :

100kpj – Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang digunakan banyak orang selain sepeda motor. Ada beberapa komponenan guna menunjang kinerja sebuah mobil, salah satunya yaitu knalpot.

Knalpot mobil bertugas sebagai pembuangan gas dari hasil metabolisme kendaraan. Akan tetapi, sering kali saat pemakaian asapnya mengalami ngebul.

Terkadang ada tanda-tanda yang muncul apabila komponen mesin mulai bermasalah, salah satunya muncul asap dari knalpot. Ini berlaku terutama untuk kendaraan yang menggunakan mesin berbahan bakar bensin.

Tapi, tidak semua asap menandakan bahwa ada bagian dari mesin yang mengalami kerusakan. Bisa saja hal itu merupakan efek samping dari hal lain, dan normal terjadi. Lantas, bagaimana cara mengetahuinya?

knalpot

Dilansir dari VIVA Otomotif, Jumat 25 Desember 2020, jika asap berwarna biru atau agak hitam, itu tanda bahwa ada pelumas yang terbakar bersama bahan bakar.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah ring piston yang berfungsi sebagai penahan, sudah mengalami aus. Bisa juga tingkat kekentalan atau viskositas oli terlalu rendah, sehingga menyusup ke ruang bakar.

Berita Terkait
hitlog-analytic