Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Komponen yang Rawan Rusak andai Motor Keseringan Lewat Jalan Berlubang

Jalanan berlubang
Sumber :

100kpj – Meski pembangunan infrastruktur di Indonesia terbilang cukup baik, namun masih ada sejumlah jalanan yang berlubang dan tak rata. Bahkan, tak jarang kita menemui kerusakan tersebut di jalan-jalan besar. Imbasnya, banyak pengendara motor yang merasa tak nyaman saat melaluinya.

Bukan hanya tak nyaman dan berpotensi celaka, ada satu kerugian lain yang bisa menimpa pengguna sepeda motor, yakni kemungkinan terjadinya kerusakan pada komponen kendaraan. Lantas, apa saja gerangan?

Baca juga: Cara Mudah Taklukan Jalur Offroad yang Menanjak dan Menurun

Disitat dari Federal Oil, Kamis 17 Desember 2020, komponen yang paling berpeluang rusak atau mengalami masalah terletak pada kaki-kaki kendaraan. Misalnya seperti sokbreker, bearing, ban, dan juga pelek. Kerusakan tersebut mungkin lebih parah, jika sepeda motor sering menghantam lubang jalan dengan kecepatan tinggi.

Sokbreker merupakan komponen yang paling rawan rusak jika motor menghantam lubang jalan. Pasalnya, jika terhempas dengan keras, seal karet sokbreker bakal cepat haus yang kemudian mengalami kerusakan.

Padahal fungsi komponen tersebut terbilang krusial untuk meredam kejut atau getaran di permukaan jalan yang tak rata. Namun, jika terus-terusan menghantam lubang, umurnya bakal lebih pendek.

Berita Terkait
hitlog-analytic