Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kenapa Pembalap MotoGP Selalu Turunkan Kaki Kalau Mau Ngerem

Pembalap turunkan kaki saat mau ngerem.
Sumber :
Ist

100kpj – Jika acap menonton balapan MotoGP, pasti sering melihat pemandangan para pembalap menurunkan kaki setelah trek panjang dan menjelang tikungan. Ya, rupanya lakon ini banyak dilakukan para pembalap.

Gerakan ini biasa disebut leg wave. Teknik tersebut bukan sekadar gaya-gayaan saja, karena leg wave rupanya bisa menambah keseimbangan saat melakukan pengereman keras dengan rem depan.

Disitat Motogp.com, Selasa 17 Desember 2019, teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh pembalap Valentino Rossi. Saat itu pembalap berjuluk The Doctor ini mulai menurunkan kakinya usai berakselerasi di trek lurus menjelang tikungan.



Setidaknya, aksi ini pertama kali dia lakukan saat berlaga di MotoGP Spanyol 2005 ketika membesut Yamaha YZR-M1. Lantaran memiliki manfaat, akhirnya teknik ini diikuti banyak pembalap lain, mulai dari Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci hingga Marc Marquez dan banyak pembalap lainnya.



Sementara itu, pembalap Cal Cruthlow, mengatakan, gerakan leg wave memang bermanfaat untuk membantu menyeimbangkan motor usai berakselerasi di trek panjang. "Banyak filosofi ketika mengerem dan mengeluarkan kaki, dan kamu menggerakan kaki ke depan atau belakang untuk meraih center gravity motor," kata dia.

"Dan saya percaya dengan filosofi tersebut, itu benar. Tetapi bagi saya, ini seperti ketika kamu kecil di atas sepeda, ketika kamu berpikir tidak akan berhenti, hal yang kamu lakukan adalah menurunkan kaki kamu. Ini seperti reaksi alami."

Baca Juga: Akhirnya, Ini Nasib Pemoge yang Tabrak Nenek di Bogor Hingga Tewas

Berita Terkait
hitlog-analytic