Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pensiun, Berikut Kilas Balik Perjalanan Lorenzo di MotoGP

Jorge Lorenzo
Sumber :

100kpj – Pembalap Repsol Honda asal Spanyol, Jorge Lorenzo, akhirnya memutuskan pensiun lantaran cedera punggungnya yang kerap kambuh dan butuh waktu lama untuk sembuh. Ia mengaku telah mempertimbangkannya sejak lama, hingga akhirnya ia beranggapan akhir musim ini adalah waktu paling tepat.

“Ketika saya terjungkal di gravel sirkuit Assen, saya berpikir: apakah ini benar-benar layak? Saya selesai dengan semua ini. Saya tidak ingin balapan lagi. Dan membuat keputusan akhir usai MotoGP Malaysia pekan lalu," ujarnya saat menyampaikan pidato akhirnya belum lama ini.

Jorge Lorenzo saat Pembacaan Pidato Akhir

Kendati menutup musim dengan raihan tak memuaskan, namun Lorenzo telah berhasil memberikan warna tersendiri di kompetisi balap terbesar di dunia tersebut. Memulai karirnya pada 2002 di kelas 125cc, pembalap berjuluk X-Fuera itu tampil impresif dan membuat tim lain di kelas 250cc tertarik merekrutnya.

Barulah pada tahun 2005, Lorenzo benar-benar naik kelas ke kompetisi 250cc atau yang sekarang disebut Moto2. Tim yang merekrutnya adalah Honda. Namun, dia hanya bertahan semusim di sana dan memutuskan hengkang ke tim lain asal Italia, Aprilia.

Keputusannya tersebut ternyata berbuah manis. Pembalap yang kini berusia 32 tahun itu berhasil meraih gelar juara dunia 250cc dua kali berturut-turut, yakni pada musim 2006 dan juga 2007. Raihan tersebut menjadi yang pertama sekaligus kedua, sebab saat berkompetisi di kelas 125cc, Lorenzo gagal mempersembahkan gelar pada timnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic