Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Soal Ribut-ribut dengan Marquez di Lintasan, Ini Penjelasan Rossi

Valentino Rossi (depan) beradu dengan Marc Marquez
Sumber :

100kpj –  Insiden sengit terjadi pada sesi kualifikasi MotoGP San Marino, Sabtu 14 September 2019. Di mana, melibatkan Valentino Rossi dengan Marc Marquez hingga nyaris tabrakan keduanya di atas lintasan.

Berlangsung di Sirkuit Misano, saat kesempatan terakhir meraih catatan waktu terbaik. Tepat di tikungan ke-14,  Rossi menyalip Marquez sebelum masuk ke tikungan dan tampak memperlambat motornya hingga nyaris tabrakan.

Pada tikungan sebelumnya, Marquez juga membuntuti Rossi sebelum masuk ke tikungan dengan cepat. Hingga akhirnya, pembalap Repsol Honda itu sedikit keluar lintasan.

VIDEO: Nyaris Tabrakan, Rossi dan Marquez Cekcok di Lintasan

Baik Rossi maupun Marquez akhirnya diklaim sudah lebih dulu kehilangan catatan waktu, bahkan sebelum puncak insiden di mana mereka nyaris tabrakan. Keduanya, terlihat Marquez sempat melewati batas lintasan usai menyalip Rossi.



Di MotoGP hal tersebut membuat catatan waktunya akan dibatalkan, kendati steward akan lebih dulu melakukan analisis untuk menentukannya. Marquez sebelumnya tak sadar akan hal itu, dan menuding Rossi lakukan kesalahan.

"Saya dalam laju yang bagus, saya menarik gas 100% dan dia menyalip saya di tikungan cepat di tikungan 11 dan dia sudah membuat saya kehilangan banyak waktu. Tapi untuk menyalip saya, dia masuk ke jalur hijau," ujar Rossi, dilansir Autosport.

"Jadi saya mencoba untuk lebih berada di dalam dan coba menyalip lagi di tikungan hairpin, tapi melebar. Pada akhirnya kami kehilangan semua kesempatan untuk mencatatkan waktu," lanjutnya.

Rossi sendiri menyadari untuk menyalip dirinya, Marquez masuk jalur hijau. Namun, pembalap asal Italia ini juga mencoba menyalip sang juara bertahan, tapi meluncur terlalu deras."

Valentino Rossi tutup telinga


Pembalap berusia 40 tahun itu mengakui hal ini biasa terjadi, dan dirinya pun hanya bermaksud mencari waktu terbaik. Walau pada akhirnya, Rossi harus memulai start balapan di posisi tujuh, dan Marquez di posisi kelima.

Baca Juga: Nyaris Tabrakan, Marquez Tuding Rossi Lakukan Kesalahan

"Saya minta maaf, karena terlepas dari hal semacam ini yang memang bisa terjadi, saya saat itu cuma berharap untuk melaju lebih kencang di kualifikasi dan memulai balapan di posisi lebih depan," kata Rossi.

"Karena laju saya tak buruk. Bagaimanapun saya di posisi tujuh, ini akan berat karena banyak pebalap yang tangguh. Saya tak tahu bahwa saya sebelumnya menyentuh jalur hijau," papar pembalap Monster Yamaha ini.

Berita Terkait
hitlog-analytic