Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Balapan WSBK Mandalika Bakal Dihapus karena Bikin Rugi hingga Rp100 Miliar

Balapan WSBK Mandalika 2023
Sumber :

100kpj – Balapan World Superbike atau WSBK bakal dihapus dari kalender balap yang berlangsung di Sirkuit Mandalika. Ini karena ajang balap WSBK Mandalika menyebabkan kerugian hingga Rp100 miliar, dan tak menarik banyak sponsor.

Perusahaan pengelola Sirkuit Mandalika, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengalami rugi karena WSBK. Hal tersebut disampaikan Holding BUMN pariwisata InJourney melalui PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Proyek pembangunan sirkuit Mandalika sendiri mewariskan utang sebesar Rp4,6 triliun. Sebagai catatan, utang tersebut terbagi atas kewajiban pembayaran jangka pendek sebesar Rp1,2 triliun dan jangka panjang sebanyak Rp3,4 triliun.

InJourney mengajukan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1,193 triliun untuk membayar utang jangka pendek. Sedangkan untuk jangka panjnag, salah satunya dengan menghapus event World Superbike (WSBK) dari Sirkuit Mandalika.

WSBK Mandalika

"Kerugian terbesar itu dari WSBK bukan dari MotoGP, MotoGP dia bisa melakukan biaya operasionalnya tertutup. Tapi yang WSBK ini dia menunjukkan kerugian," kata Direktur Utama InJourney Dony Oskaria, saat rapat bersama Komisi VI DPR RI, dikutip dari kanal Youtube Komisi VI DPR RI, Kamis 15 Juni 2023.

Dony mengungkapkan jika balap WSBK kesulitan mencari sponsor untuk menutup kerugian yang dialami. Ajang MotoGP Mandalika sendiri cukup merugi hingga Rp50 miliar, namun balapan ini lebih menarik hingga sponsor mau masuk dan kerugian bisa tertutup.

Berita Terkait
hitlog-analytic