Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Profil Robby Sakera, Jago Bikin Geger Sirkuit hingga Bandara Soetta

Muhammad Murobbil Vitoni
Sumber :

100kpj – Di dunia balap motor tanah air, nama Muhammad Murobbil Vitoni yang juga biasa dipanggil Robby Sakera tentu tak asing lagi. Kehebatannya bahkan tak hanya di lintasan balap. Ia juga sukses bikin geger Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Kok bisa?

Ya, kisah pilu pembalap asal Sampang Madura yang harus kehilangan perlengkapan balap di Bandara Soekarno-Hatta sukses membetot perhatian. Bukan hanya soal kerugian hilangnya Racing suit Ardiles, Sepatu dan sarung tangan Alpinestars. Tapi juga 'nyanyian haru' yang dilakukan timnya lewat akun instagram.

Menyedihkan, pembalap yang kini bernaung di bawah bendera tim Prolifer 549 Kaboci harus kehilangan alat tempur di negaranya sendiri. Saat itu Robby akan bertolak ke Sirkuit Suzuka, Jepang demi membela Merah Putih di Asia Road Racing Championship (ARRC).

Talenta hebatya sebenarnya sudah terlihat sejak tampil di Kejurnas 2017 silam. Hal itu terendus Subhan Al Ghazali pemilik tim 549 Kaboci yang saat itu menggandeng Yamaha. Sedangkan tuner Anchos Lanang terus mencoba memahami keinginan sang pembalap.

Benar saja, pembalap binaan Yamaha ini sukses jadi magnet meski usianya baru 12 tahun. Fokusnya langsung turun di kelas 150 sport meski  juga aktif di Kejurnas Motoprix Region 1 untuk Kelas MP5 dan MP6. Dalam seri final Kejurnas KRS Desember 2017, ia tembus runner-up. Karier gemilangnya semakin sulit dibendung.

Robby menjelma menjadi sosok tangguh di lintasan sirkuit meski tampak masih terlalu mungil saat menunggangi Yamaha YZF-R15. Dan bukan omong kosong, podium juara dalam race 1 Kejurnas Sport 150cc pada IRS 2018 berhasil ia bukukan.

Nama Robby semakin berkibar. Tak perlu menunggu lama untuk 'go public'. Robby langsung turun di balapan level Asia kelas underbone 150cc. Pada ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018, Robby mampu terus mengasah kemampuannya.

Guna menyambut gelaran ARRC 2019, 549 Kaboci yang menggandeng pabrikan knalpot ProLiner tetap menjadikan Robby sebagai pilihan untuk menemani pembalap Richard Taroreh. Hingga kini pencapaian terbaik Robby adalah finish ke-7 di Seri 3 Thailand.

Tenar di lintasan, juga bisa tenar di luar lintasan. Benar saja, Robby Sakera langsung menjadi buah bibir karena sukses membuat geger pengelola Bandara Soekarno-Hatta. Ratapan pilu akun instagram team membuat netizen meradang. Bahkan awalnya tak mengenal siapa Robby Sakera.

Tas Robby dibobol maling. Beberapa alat tempurnya raib dan terpaksa harus menggunakan barang lamanya. Hal itu terjadi pada 24 Juni silam saat ia akan bertolak ke Jepang untuk tampil di seri 4 ARRC Jepang.

Pulang dari Jepang Robby mencoba menghibur diri. Seri perdana Oneprix 2019 di Tasikmalaya menjadi bidikan utamanya. Hasilnya, Robby Sakera berhasil menjadi jawara di race 2 setelah sebelum meraih podium kedua di race 1.

Berita Terkait
hitlog-analytic