Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Perbaikan Motor MotoGP Lecet Dikit Saja Rp250 Juta, Apalagi Tabrakan

Motor Lorenzo yang mengalami copot rantai.
Sumber :

100kpj – MotoGP dikenal sebagai ajang balap yang melibatkan 'kuda besi' berperforma tinggi. Maka jangan heran, banyak pabrikan membuat motor berspesifikasi khusus, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan sirkuit balap, dengan pembekalan mesin jumbo dan bertenaga badak.

Semua demi satu cita-cita, menang sebagai juara, dan mampu menaikkan pamor brand yang mereka miliki. Soal daya pacu, motor MotoGP tercatat mampu melesat di kecepatan maksimal 300 kilometer per jam. Semakin menarik dengan pembekalan segudang teknologi canggih untuk memudahkan pembalap menunjukkan performanya.

Maka jangan heran, motor tersebut mesti ditebus dengan dana yang begitu besar. Seperti dikutip Box Repsol, Kamis, 11 Juli 2019, motor-motor di MotoGP kebanyakan punya harga sekira 3 juta Euro atau setara Rp47 miliar.

Harga itu merupakan kalkulasi dari tiap komponen motor, mulai dari mesin, sensor elektronik, perangkat pengereman, ban, hingga sederet komponen lain.

Hal yang paling menarik, angka besar itu juga sebanding dengan biaya penanganan jikalau motor bermasalah. Andai lecet saja semisal, biaya repair-nya bisa tembus Rp250 juta. Sementara jika motor rusak berat akibat kecelakaan di lintasan balap, perbaikannya bisa tembus Rp1,5 miliar. Sadis bukan?

 

Berita Terkait
hitlog-analytic