Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kaleidoskop 2020: Riuh MotoGP Indonesia dan Drama Tim Balap Mandalika

Marc Marquez pimpin balapan MotoGP
Sumber :

100kpj – Tahun 2020 menjadi momen penting bagi sejarah perbalapan di Tanah Air. Sebab, MotoGP Indonesia masuk dalam kalender balap di 2021, meskipun statusnya masih cadangan seperti dilaporkan Dorna.

Dorna selaku penyelanggara MotoGP memasukkan Indonesia,Portugal dan Rusia sebagai cadangan. Nah, Sirkuit Mandalika yang akan jadi tempat perhelatan MotoGP Indonesia juga masih berstatus homologasi.

Artinya, sirkuit di provinsi Nusa Tenggara Barat itu masih harus mendapatkan homologasi dari Federasi Motorsport Internasional (FIM) agar bisa menggelar ajang MotoGP Indonesia pada 2021.Sirkuit Mandalika dijadwalkan selesai pertengahan 2021.

sirkuit Mandalika

"Kami punya dua seri cadangan di Eropa, Portimao dan Russia, dan Mandalika di Indonesia. Semua tergantung jarak yang ada dan kami akan memutuskan apakah perlu atau tidak memasukkan seri Grand Prix tersebut dalam kalender," ujar CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.

Ezpeleta memang menegaskan agar Indonesia segera menyelesaikan sirkuit Mandalika. Kemudian menjalani proses berikutnya, sampai akhirnya bisa ditentukan bakal jadi tuan rumah atau tidak di MotoGP 2021.

"Fokusnya harus pada konstruksi, homologasi serta pengujian terutama karena ini adalah sirkuit jalan raya yang baru. Seperti yang disebutkan, ada kemungkinan perubahan akan terjadi pada kalender sementara dan sekalinya kami mendapatkan gambaran yang lebih jelas, yang tentunya bergantung pada konstruksi dan pengujian, kami akan mulai membahas kemungkinan tanggal balapannya di 2021," kata Ezpeleta di situs resmi MotoGP.

Berita Terkait
hitlog-analytic