Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Beda dengan Mobil, Kok Motor Listrik Tidak Harus Bersuara Yah?

Motor Listrik Gesits di Kampus
Sumber :

100kpj – Mobil dan motor listrik menjadi fenomena baru belakangan ini, dan pemerintah pun sudah menyiapkan beberapa aturan barunnya. Walau ramah lingkungan, namun kendaraan listrik juga memiliki keamanan yang rendah.

Salah satunya karena hasil suara yang dihasilkan. Sebab, dinamo pada kendaraan listrik bekerja nyaris tanpa suara, sehingga saat meluncur di jalan keberadaannya susah untuk diketahui oleh para pejalan kaki.

Baca Juga: Melihat Yamaha Gear 125 dari Dekat, Asli Cakep Banget

Dengan kondisi itu, Kementerian Perhubungan pun langsung mengadakan uji khusus mengenai suara kendaraan listrik, khususnya yang berbasis baterai. Ini tercantum pada Permenhub Nomor 44 tahun 2020.

Motor Listrik, Gesits

Dalam aturan itu, disebutkan bahwa kendaraan bermotor dengan penggerak listrik memerlukan pengujian suara. Levelnya disesuaikan dengan kategori jenis kendaraan dan suara mesin kendaraan.

Apabila kendaraan berjenis hybrid atau perangkat khusus yang akan berbunyi dengan tingkat maksimal 75 desibel. Direktur Sarana Transportasi Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Pandu Yunianto mengatakan bahwa aturan itu saat ini hanya berlaku untuk kendaraan bermotor jenis mobil atau yang dimensinya lebih besar saja.

Berita Terkait
hitlog-analytic