Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bakal Banyak Motor-motor Listrik, Memang Mekaniknya Siap?

Ilustrasi bengkel motor.
Sumber :
Ist

100kpj – Saat ini dunia otomotif memang tengah gencar-gencarnya mengkampanyekan kendaraan ramah likungan. Banyak, produsen-produsen yang membuat mobil bertenaga listrik, begitu juga dengan sepeda motor.

Kendaraan bermotor dengan tenaga listrik memang menjadi salah satu solusi transportasi di masa mendatang. Kebutuhan tersebut membuat produsen otomotif, menyiapkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga:
Akhirnya Virus Corona Bikin Formula E Jakarta Ditunda

Penasaran, Apa Sih Arti 'CBR' di Motor Honda?

Sudah Tahu Bedanya Jenis Rem Cakram Fix, Semi Floating dan Floating?

Kenapa Motor MotoGP Enggak Tergelincir Meski Pakai Ban Gundul?

Tak hanya berupa produk, melalui agen pemegang merek juga disiapkan layanan servis untuk kendaraan masa depan tersebut. Hal ini seperti diungkapkan oleh General Manager Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhamad Abidin.

"Jadi saya yakin temen-temen teknisi siap dan YMC (Yamaha Motor Corporation) sudah mengajarkan kami tentang motor listrik," ujarnya di Jakarta, Selasa 10 maret 2020.

Abidin mengungkapkan bila para teknisi Yamaha untuk penanganan motor-motor canggih sudah dilakukan sejak saat ini. Salah satunya setelah dihadirkannya produk skuter matik Yamaha NMax Connected. Skutik berperawakan bongsor itu, sudah dilengkapi sistem konektivitas ponsel pintar dari penggunanya.

"Salah satu alat tes hari ini sudah menggunakan NMax baru. Di sini ada benang merahnya, Yamaha sudah menghubungkan sepeda motor degan IOT (internet of think), jadi mulai ke arah sana, walaupun masih hanya bersifat notifikasi," paparnya.



Tak hanya itu, mekanik sepeda motor berlogo Garpu Tala itu, kata Abidin, sudah diajarkan untuk menggunakan Yamaha Diagnostic Tool versi tiga yang disesuaikan untuk on board diagnostic versi dua. Alat-alat ini bisa dipakai oleh mekanik untuk mengetahui masalah yang terjadi pada sepeda motor.

"Secara struktur mesin, sepeda motor listrik tidak terlalu rumit dibandingkan dengan intrernal combustion engine atau motor bakar. Saya pikir teknisi Yamaha tidak terlalu sulit untuk mengikutinya, karena hanya tinggal cabut baterainya saja, tidak perlu ganti oli dan sangat mudah," tuturnya.
Berita Terkait
hitlog-analytic