Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mulai Ditinggalkan, Sampai Kapan Motor Bebek Bisa Bertahan?

Motor Bebek Yamaha
Sumber :

100kpj – Pesona motor bebek mulai luruh setelah kehadiran skuter matik pada beberapa tahun lalu. Saat ini, kuda besi yang dikenal bandel dan irit itu hanya menyumbang enam persen dari seluruh penjualan sepeda motor di Tanah Air.

Bahkan, sepanjang 2019 lalu, tak satupun merek asal Jepang di Indonesia yang meluncurkan model baru di segmen tersebut. Mereka semua hanya memberikan penyegaran terhadap beberapa model lama yang sudah ada. Hal ini memantik satu tanya, benarkah kepunahan motor bebek hanya perkara waktu?

Baca juga: Terancam Punah, Cuma Orang Desa yang Mau Beli Motor Bebek

Pengamat otomotif senior sekaligus pengajar di Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Pasaribu mengatakan, selain tren, sebenarnya yang ‘membunuh’ motor bebek di Indonesia ialah para pabrikan sendiri. Sebab, tak satupun dari mereka yang berani eksplorasi mengenai tampilan yang lebih diminati konsumen.

“Tampilan motor bebek begitu-gitu saja, harusnya ada pengembangan desain. Jadi, orientasinya (secara tampilan) harus ke konsumen dulu, karena kita tahu tren sepeda motor terus berubah-ubah,” ujarnya kepada 100KPJ melalui sambungan telfon.

motor bebek murah

Ia juga menambahkan, bukan hanya kehadiran skuter matik saja yang mengancam eksistensi bebek di Indonesia. Namun, motor listrik yang belakangan mulai bermunculan juga kian menghambat pertumbuhan bebek di pasar roda dua dalam negeri.

Berita Terkait
hitlog-analytic